Pengertian Gangguan Dismorfik Tubuh



Gangguan dismorfik tubuh atau dikenal juga dengan Body Dysmorphic Disorder, merupakan suatu gangguan mental yang dapat terjadi kepada semua orang. Gangguan ini terjadi ketika muncul suatu tidak kepuasan atau muncul rasa tidak percaya diri pada tubuh sendiri.
dictio.id
Gangguan mental dismorfik tubuh ini bisa terjadi ketika seseorang merasakan rasa cemas yang luar biasa dan berlebihan. Rasa cemas ini datang ketika penderitanya merasa selalu ada bagian yang kurang dari tubuhnya, sehingga ia terus berusaha untuk mencoba memberikan yang terbaik untuk tubuhnya sendiri agar terlihat menjadi seperti yang dia inginkan.
Berikut ini akan diberi penjelasan tentang definisi gangguan mental dismorfik tubuh serta pengertian menurut beberapa ahli, dimana penderitanya memiliki rasa cemas yang luar biasa.
Definisi Umum Gangguan Dismorfik Tubuh
Gangguan dismorfik tubuh atau Body Dysmorphic Disorder adalah keadaan psikologis dimana penderita akan merasa cemas pada bentuk dan penampilan tubuhnya. Penderita akan menganggap terdapat kelainan pada tubuhnya, yang mana hal tersebut ada yang memang nyata atau hanya sekedar mindset penderita saja.
Istilah gangguan ini pertama kali muncul pada tahun 1866 oleh seorang doktor Italia bernama Morselli kata Dysmorphic sendiri berasal dari kata Dysmorphophobia yaitu berasal dari bahasa Yunani. Setelah itu istilah ini dipopulerkan oleh American Pyschiatric Calssification dan namanya menjadi Body Dysmorphic Disorder ( BDD ).
Istilah dismorfik tubuh ini juga pernah dikenal dengan sebutan Wolf Man, dimana terdapat penderita yang cemas dengan bentuk hidungnya yang mancung dan panjang seolah ia terlihat seperti serigala. Penderita tersebut merasa cemas sekali dengan bentuk hidungnya tersebut hingga ia didiagnosa menderita gangguan mental dismorfik tubuh ini.
Gangguan mental ini sering terjadi pada orang dengan rentan usia 15 sampai 30 tahun. Penderita akan merasa malu dan menganggap dirinya buruk, sehingga ia akan lebih memilih menjauhkan dirinya dari situasi sosial. Oleh karena itu banyak penderita yang akan menjalani operasi plastik untuk memperbaiki penampilannya.
Rasa cemas yang muncul dari gangguan mental ini bukan berpusat pada berat badan atau bentuk tubuh secara keseluruhan, melainkan merasa ada yang kurang pada bagian tubuh tertentu. Seperti bentuk hidung, rambut yang rontok, kulit yang keriput, paha yang besar dan kekurangan fisik lainnya.
 Pengertian Dismorfik Tubuh Menurut Ahli
Menurut Watkins, dismorfik tubuh merupakan suatu kesenangan yang terdapat dari kekurangan fisik yang terlihat secara imajiner dan berlebihan pada kekurangan yang sebenarnya tidak terlalu banyak berpengaruh pada diri orang tersebut.
Menurut Thompson, dismorfik tubuh adalah sebuah taksiran yang terlalu tinggi terhadap bentuk tubuh  serta ukurannya pada diri sendiri dibandingkan dengan ukuran yang sebenarnya objektif. Penderita memiliki penilaian yang berlebihan pada ukuran serta bentuk tubuh sendiri.
Menurut Veale, dismorfik tubuh merupakan sebuah bentuk keasyikan yang dilakukan penderitanya terhadap kekurangan dari penampilannya. Penderita akan selalu merasa ada yang kurang pada tubuh dan penampilannya, dan akan selalu berusaha untuk memperbaiki penampilan dan bentuk tubuhnya dengan berbagai cara. Ada yang berkali - kali melakukan operasi plastik agar tubuhnya menjadi seperti yang diinginkan dan tampak lebih menarik serta menawan ketika bertemu dengan orang lain.
Demikianlah pengertian gangguan dismorfik tubuh atau juga dikenal dengan Body Dysmorphic Disorder ( BDD ) secara umum berdasarkan sejarahnya dan pengertiannya menurut beberapa para ahli yang ada.

 Referensi :
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-gangguan-dismorfik-tubuh-atau-body-dysmorphic-disorder/110602
Alodokter.com/gangguan-dismorfik-tubuh
Hellosehat.com/penyakit/body-dysmorphic-disorder/amp/



Related Posts

Pengertian Gangguan Dismorfik Tubuh
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini