Bongkar Diam-Diam Fbi Dalam Mengungkap Kebohongan Seseorang -

 by:Nurfalakia

Anda niscaya tak absurd lagi dengan Pinokio, sosok ikon kartun satu ini digambarkan sebagai sosok pembohong,yang paling identik/ ciri khasnya ialah ketika hidungnya bertambah panjang itu artinya dia sedang berbohong,pakar pendeteksi di film pinokio ialah sosok seorang ibu peri yang mempunyai sihir,tak hanya dunia fiksi,didunia non fiksipun anda sanggup berperan sebagai ibu peri untuk mendeteksi kebohongan seseorang, dimana sihir dari ibu peri itu dikonotasikan dengan ilmu, ilmu ini berasal dari seorang biro FBI yang telah berjasa selama 30 tahun dibidangnya berjulukan Mark Bouton,selain bertugas sebagai menangkap para penjahat ia juga disibukkan menulis novel dan salah satu karyanya berjudul "How to Spot Lies Like the FBI" yang berisi pelajaran ihwal cara membaca wajah,tubuh dan indikator verbal untuk mengidenfikasi seseorang, senada dengan itu seorang Instruktur di Akademi FBI,Susan Adams yang mempelajari bahasa dan pemilihan kata kedalam 2 bagian:pertama,menentukan apa yang khas pada pertanyaan jujur,kedua mencari penyimpangan dari norma yang berlaku.Lalu apa sajakah ciri-ciri tersebut? berikut gambarannya:

1. Mengurangi kata "saya"
Intensitas kata "saya" sanggup menebak seseorang sedang berbohong atau tidak,orang yang jujur akan menambah intensitas kata "saya" ini bertujuan untuk meyakinkan orang itu percaya pada dirinya, menurut penelitian,orang jujur akan memperkaya acuan dirinya bila dibandingkan dengan orang yang sedang berbohong dalam penjelasannya.Orang yang berbohong akan berdalih dan kata "saya" diubah menjadi "kami".

2.Pengelakan 
Untuk mengurangi resiko terdeteksi bohong mereka umumnya akan mencari cara biar terhindari dari zona tidak nyaman,dalam masalah ini pengelakan merupakan salah satu cara menutupi kebohongan,baru ditanya sudah terbakar sendiri, marah,jengkel, kesal tak jarang mereka melontarkan dengan nada yang kasar, jikalau dia mengelak namun dengan cara lembut itu artinya anda sedang berhadapan dengan pakar pembohong profesional dan handal, dan sanggup membidik kelemahan orang yang sedang bertanya padanya.Pengelakan juga mengandung kesamar-samaran( ragu-ragu) pernyataan menyerupai "saya pikir", "sekiranya", "semacam", "mungkin", "kira-kira","boleh jadi".

3.Menjawab pertanyaan dengan pertanyaan
Karena sedang terjebak dengan situasi,orang yang berbohong akan mengajukan pertanyaan mendesak,orang semacam ini tergolong cerdas lantaran mereka bisa memanipulasi keadaan,mereka cerdik dan akan membuatmu berpikir ulang,jadi berhati-hatilah ketika kau ingin mendeteksi seseorang maka kenali salah satu ciri ini ialah mereka akan membalas dengan pertanyaan pula,ini dilakukan lantaran pertanyaan yang kau tujukan tidak bisa ia jawab.

4.Melembutkan bahasa 
Berbeda dengan melembutkan nada bicara, melembutkan bahasa artinya merubah/mentransformasikan bahasa sampai bahasanya lebih halus, contohnya orang yang berbohong biasanya lebih memakai kata "hilang" daripada "dicuri dalam masalah pencurian/laporan kehilangan,lebih menentukan kata  "dipinjam"daripada "diambil",mengganti kata "dia" menjadi "beliau".

5.Tidak memberikan dengan detail 
Pertanyaan menyerupai kapan,dimana, bagaimana bisa dijawab oleh kebanyakan orang, namun pembohong biasanya menjawab dengan balasan singkat ,padat terang ,dan sederhana tanpa menuturkan rincian insiden tersebut,tanpa alur yang terang dan tak terstruktur ,hal ini dikarenakan untuk mengurangi adanya kecurigaan.

6.Sering bersumpah 
Berhati-hatilah pada orang yang sering bersumpah, orang menyerupai ini patut diwaspadai,pembohong akan berusaha keras meyakinkan pernyataan/ dalihnya

7.Melirik mata kekiri dan kekanan
Ciri ini mewakili perasaan tidak nyaman,jika anda fokus menatapnya sambil mengajukan pertanyaan,jika ia jujur maka ia akan menatap balik kearahmu (namun tidak kelamaan), sebaliknya jikalau ia melirik kekiri dan kekanan secara berulang, bisa jadi itu mengambarkan dia sedang berbohong

8.Menyentuh wajah
Ciri berikutnya ialah ketika dia menyentuh wajahnya,seseorang yang sedang berbohong akan mencicipi wajahnya sedikit gatal,ini merupakan reaksi kimia yang muncul ketika seseorang mengarang cerita.

9.Mengerucutkan bibir
 Saat tengah gugup dan khawatir,agar tidak dicurigai orang tersebut akan mengerucutkan bibir, merasa gelisah dan salah tingkah ,ini juga disebabkan mereka merasa kesal kerena tertekan.

10.Mengedipkan mata dengan cepat 
Saat merasa stress,orang yang sedang berbohong akan mengedipkan mata selama 5 atau 6 kali dalam waktu yang cepat

11.Berdiri membisu dan mengulang kata 
Ketika seseorang berbicara dengan posisi diam,ini ialah ciri-ciri orang yang sedang berbohong,posisi kaku mengambarkan orang tersebut sedang dalam kondisi "bertahan",ini dilanjutkan dengan pengulangan kata berkali kali,juga sebagai tanda ia sedang mengulur waktu untuk menyusun kebohongan selanjutnya.

12.Tersenyum tanpa ekspresi mata 
Apakah kau melihat kerutan diwajahnya ketika ia sedang tersenyum? jikalau tidak itu artinya ia sedang menunjukkan senyuman palsu, pergerakan bibir dengan mata seharusnya seirama, ketika bibir bergerak kerutan mata ikut bergerak.

13.gerakan kaki 
Saat sedang gugup orang yang sedang berbohong akan lebih cenderung gelisah dan tak damai ,anda sanggup melihat kakinya, apakah ia sedang bergerak-gerakan kakinya atau tidak, ketika ia menggerakkan kakinya itu mengambarkan ia ingin segera pergi atau mengakhirinya.

14.Lama menutup mata 
Perhatikan matanya ketika sedang bertanya dan ingin tahu apakah pernyataanya benar atau salah,apabila ia menutup matanya lebih dari satu detik, kemungkinan ia lagi berbohong.

15.Menggelengkan kepala 
Kamu akan melihat seseorang jujur jikalau ia sering mengangguk kan kepala, namun bertentangan dengan ini,orang yang menggelangkan kepala itu tandanya dia tengah menolak pernyataan yang dia ucapkan sendiri ,yang bertujuan untuk berusaha menutupi kesalahannya

16.Sulit berbicara 
Biasanya ketika seseorang dalam kondisi stress ,sistem saraf secara otomatis mengurangi produksi air liur,efeknya ialah ekspresi terasa kering dan susah berbicara.

17.Menutupi kepingan tubuh 
Anda patut curiga ketika orang yang anda ejekan pertanyaan sedang berusaha memakai tangan untuk menutupi kepingan tubunya, misanya tangan dengan tangan, tengoorokan,dada / perut ketika berbicara denganmu.

18. Pernapasan berubah 
Gerakan napas yang cepat disebabkan lantaran jantung dan aliran darah yang meningkat ketika seseorang berbohong,mereka merasa ketakutan dan berkeringat lebih cepat dari biasanya.

Sumber
https://m.liputan6.com/health/read/3594733/hafalkan-10-cara-mengenali-kebohongan-dari-pakar-fbi-1?utm_expid=.t4QZMPzJSFeAiwlBIOcwCw.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F

https://www.google.com/amp/s/www.popbela.com/career/inspiration/amp/megadini/10-ekspresi-wajah-yang-muncul-ketika-seseorang-sedang-berbohong

https://www.amazon.com/Mark-Bouton/e/B001JP4A3S

https://www.google.com/amp/s/www.grid.id/amp/04199338/6-fakta-unik-tentang-fbi-yang-sulit-dipercaya-penasaran











Related Posts

Bongkar Diam-Diam Fbi Dalam Mengungkap Kebohongan Seseorang -
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini